Kelas Ibu Hamil dan Hygiene Kits

Kelas ibu hamil merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak desa untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kegiatan ibu hamil terdiri dari pengecekan kesehatan ibu hamil, pengecekan kesehatan kandungan, dan sosialisasi kegiatan yang boleh atau tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Kegiatan ibu hamil yang dilaksanakan pada Rabu, 22 Juli 2020 di Balai Desa Mlatiharjo. Kegiatan sosialisasi di isi oleh Bu Retno selaku Bidan Koordinator Puskesmas Gajah 2 dan Mahasiswa KKN-T IPB. Materi yang disampaikan oleh Bu Retno berupa kegiatan yang harus dilakukan atau dihindari selama masa kehamilan, diantarantya

  1. Selalu melakukan konsultasi ke puskesmas
  2. Menghindari asap rokok
  3. Menghindari minuman bersoda
  4. Tidak tidak secara terlentang, dikarenakan dapat mengurangi jumlah oksigen bagi kandungan
  5. Tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa konsultasi ke bidan atau dokter
  6. Mengurangi jumlah asupan obat-obatan dimasa kehamilan 1-3 bulan
  7. Tidak stress yang berlebihan

Hygiene Kits merupakan kegiatan Tim KKN-T IPB membagiakan paket untuk mencegah penyebaran Covid-19 berupa masker, handsinitizer, dan stiker cara mencuci tangan pada ibu hamil. Selain itu, mahasiwa juga mempraktikan kepada ibu hamil cara mencuci tangan yang baik dan benar. Setelah itu, penyampaian materi berupa Cara pencegahan Covid-19 berupa konsumsi makanan bergizi seimbang.

Harapan adanya sosialisasi ini yaitu peserta kelas ibu hamil dapat menyediakan makanan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan keluarganya dan dimasa kehamilannya. Dan juga dapat menyebar luaskan informasi ini kepada masyarakat lainnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan