New Normal ?

Apa itu New Normal?

New normal menurut Pemerintah Indonesia adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan COVID-19.

Dengan adanya tatanan baru ini mendorong masyarakat untuk menerapkan langkah pencegahan dasar COVID-19, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, menerapkan physical distancing (jaga jarak), serta mengenakan masker dalam setiap aktivitas, terutama di tempat umum.

Beberapa Penerapan New Normal :

  1. New Normal Ketika Tiba di Rumah

Sesampainya di rumah, anda dapat lakukan beberapa hal berikut:

  • Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
  • Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang anda gunakan.
  • Cuci tangan dengan air dan sabun.
  • Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.
  • Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

 

2. New Normal Ketika Pergi Perjalanan

Apabila hendak melakukan perjalanan, bawalah selalu hand sanitizer selalu jaga kebersihan tangan. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Selain itu, pastikan anda membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

Jika menggunakan transportasi umum kurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain. Apabila tidak memungkinkan gunakan kendaraan pribadi dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan menggunakan helm sendiri.

3. New Normal Ketika di Tempat Kerja

Ketika beraktivitas di meja kerja ataupun saat rapat, pastikan menerapkan physical distancing atau jarak minimal 1 meter. Bila ada rekan kerja yang duduk dengan jarak kurang dari itu, jangan ragu untuk menegur dan mengingatkannya agar menjaga jarak.

Begitu juga saat makan siang. Jika sebelumnya anda terbiasa makan di kantin, sementara ini usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah agar anda tidak perlu ke tempat yang ramai untuk membeli makanan. Saat makan siang bersama di kantor pun tetap jaga jarak dengan rekan-rekan sekantor.

4. New Normal Ketika di Pasar

Batasi menyentuh barang-barang secara langsung. Apabila terlanjur menyentuh barang-barang tersebut, jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi, dan pastikan bersihkan tangan dengan cuci tangan maupun hand sanitizer. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terkontaminasi virus Corona.

 

Inti dari kegiatan New Normal ini adalah kita harus selalu menjaga kebersihan kita khususnya tangan dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun dengan baik dan benar atau menggunakan hand sanitizer, selalu mengenakan masker dimanapun kapanpun ketika beraktivitas dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak ketika berada di kerumunan.

 

Sumber :

Kementrian Kesehatan Indonesia

https://manado.tribunnews.com/2020/07/14/15-gambar-poster-edukasi-new-normal-atau-kebiasaan-baru-dalam-mencegah-penyebaran-covid-19?page=3

https://www.alodokter.com/ini-panduan-menjalani-new-normal-saat-pandemi-corona

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan